ANGKAT SUMPAH DAN WISUDA S1 DAN DIII 2013

Kepanjen – 29 Oktober 2013 merupakan salah satu hari yang sangat bersejarah bagi STIKes Kepanjen Pemkab malang, karena pada hari itu merupakan hari dimana jurusan Strata 1 (S1) Keperawatan meluluskan wisuda pertama kalinya. Wisuda disenggarakan bersamaan dengan wisuda jurusan lainnya yaitu wisuda ke 13 D III Ahli Madya Keperawatan (Amd kep) di pendopo baru kepanjen yang baru saja diresmikan. Tahun ini STIKes kepanjen meluluskan 81 DIII dan 102 S1. Acara wisuda ini berbalut menggunakan tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris dan Japan.

            Tidak Cuma Ketua STIKes kepanjen, para dosen, dan orang tua wali saja yang hadir, para orang-orang penting dan terkemuka pun hadir pula. Seperti Bupati Malang Rendra Kresna, Mentri Kesehatan RI, Mentri Agama, Ketua PPNI, Ketua Yayasan, Ketua Organisasi Profesi, Ketua DPRD, DPR, Direktur Rumah Sakit, Senat Stikes Kepanjen, dll.

            Acara pertama dimulai degan pertunjukan tari dari UKM Tari STIKes kepanjen yang diwakili oleh dua gadis cantik, merekalah Ophie dan Nucifera yang menawan dengan senyum manis nan memukau menarikan tari Bersekalan Putri. Penonton tak berkedip dan tak hentinya memandang.

            Dari kejauhan pembawa bendera datang, saat itu pula Suara lagu “Gaudamus” dari UKM Paduan Suara STIKes Kepanjen menggema. Setelah tiga bendera Ditaruh, dilanjutkanlah menyanyikan bersama lagu Indonesia raya serta berdoa dengan alunan lagu mengheningkan cipta.

            “Saya sangat bahagia karena, melihat acara ini berjalan dengan sejuk, ramai dan penuh kekeluargaan.” Salah satu sambutan dr.H. Abdurrachman, M.Kes selaku Ketua STIKes Kepanjen Pemkab Malang. Dalam sambutannya juga, beliau mengumumkan tiga peringkat terbaik dari setiap jurusan yang masing masing akan diberi hadiah berupa uang tunai.

            “Aishiteru STIKes Kepanjen, Arigato!” ucap Herdina Gyogani selaku wakil dari wisudawan DIII dalam pidatonya dengan memakai bahasa Japan.

            Perwakilan dari wisudan dari Srata 1 pun tidak mau kalah, “We can’t give you any item, we just can pray to Allah swt to healty every time. I love Stikes Kepanjen to glory and self.” Ucap Ainul Eko dengan pidatonya dengan bahasa Inggris.

            Lagu Kepanjen Kota Adipura menggema, Bupati Malang Rendra Kresna datang memberi sambutan. Setelah sambutannya yang sangat berkualitas, diakhir kata beliau sadikit bercanda. “Sasa, Miwon, Masako, Ajinomoto. Arigato.” Ucap beliau menunjukkan keahlian bahasanya.

            Acara Selanjutnya merupakan penyerahan penghargaan untuk enam mahasiswa terbaik oleh ketua PPNI, Bupati Malang dan Mentri Kesehatan.

            “Kesehatan bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan semuanya bukan apa-apanya.” Ucap Prof dr. Ali Gufron selaku mentri kesehatan dalam sambutaanya saat menerangkan sistem Jaminan Keshatan nasional (JKN) yang akan diterapkan mulai januari mendatang.

            Surat keputusan STIKes Kepanjen dibacakan, prosesi wisuda segera dilaksanakan. Saat seluruh wisudawan bergantian dilantik, UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Swara Stika Stikes kepanjen dengan enak dan memukau menyanyikan lima lagu berulang secara bergantian. Lima buah lagu nasional yang indah yaitu Tanah Airku, Indonesia Pusaka, Hamba Menyanyi, Tanah Air dan Indonesia Subur

            Sumpah wisudawan dibacakan, dipimpin oleh Menteri kesehatan. Lalu dilanjutkan dengan kata-kata pelantikan dan juga lagu mars STIKes Kepanjen.

            Doa dibacakan oleh Ketua MUI, dan dilanjutkan penutupan Sidang Senat Terbuka oleh Ketua STIKes Kepanjen.

            Lagu persembahan dari UKM Paduan Suara STIKes Kepanjen dinyanyikan, nada-nada unik saling bersahutan nan indah dengan lagu “Cublak-cublak Suweng”. Diakhir lagu, seluruh penyanyi berteriak kegirangan, berpelukan satu sama lain, menyatakan bahwa perjuangan mereka selama satu bulan lebih ini membuahkan hasil yang luar biasa.

            Acara diakhiri dengan foto-foto bersama, Tim padua suarapun tidak mau kalah dan ikut juga mendokumentasikan keberhasilannya.

            Semoga wisudawan menjadi Perawat yang berualitas dan profesional, serta semoga STIKes Kepanjen mencetak wisudawan yang semakin berkualitas pada tiap waktunya. Akhir kata wasalamualaikum.

                                                                           Div. Infokom BEM STIKes Kepanjen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s